Rieke Kirim Surat Protes Iklan Diskon TKW

Rieke Kirim Surat Protes Iklan Diskon TKWBandung (ANTARA) – Anggota Komisi IX DPR RI Rieke Dyah Pitaloka mengirimkan surat protes kepada Duta Besar Malaysia di Indonesia, atas penyebarluasan promosi diskon penggunaan jasa tenagakerja Indonesia di Malaysia yakni “Indonesia Maids Now on SALE”Surat ini saya layangkan sebagai respon terhadapselebaran `Indonesia Maids Now on SALE`,” kata Rieke Dyah Pitaloka dalam siaran persnya, Senin.

Menurut dia, surat protes tersebut sudah dikirim langsung oleh stafnya kepada Kedubes Malaysia di Jakarta, Senin sekitar pukul 11.00 WIB dan bukti terimanya ditandatangi oleh Agus Setiawan, security di Kedubes Malaysia.

Rieke menilai penyebarluasan promosi diskon penggunaan jasa tenaga kerja Indonesia di Malaysia “Indonesia Maids Now on SALE” sebagai bentuk merendahkan pekerja migran Indonesia, khususnya pekerja domestik sebagai komoditi dagang, tidak sebagai manusia.

“Sebagai wakil rakyat, saya sampaikan keberatan atas hadirnya iklan tersebut karena dapat dinilai sebagai sebuah bentuk merendahkan, seperti memposisikan pekerja migran Indonesia, khususnya pekerja domestik sebagai komoditi dagang, tidak sebagai manusia,” katanya.

Ia meyakini bahwa pemerintah Malaysia mempunyai itikad baik untuk menjaga hubungan kedua negara dan tidak memiliki pemikiran memposisikan Indonesia lebih rendah hanya karena mengirimkan tenaga kerja ke Malaysia.

“Dan saya percaya pemerintah Malaysia sangat memahami bahwa rakyat kami yang berprofesi sebagai pekerja domestik menerima uang dari majikan yang berwarga negara Malaysia, dalam posisi sebagai upah atas kerja yang dilakukan, bukan hasil mengemis,” kata dia.

Oleh karena itu, lanjut dia, dengan rasa hormat dirinya terhadap rakyat dan pemerintah Malaysia, ia meminta iklan tersebut dihentikan. Pemerintah Malaysia diharapkan segera menegur pihak agen yang melakukan promosi yang tidak pada tempatnya tersebut.

“Sebagai bangsa serumpun, saya berharap kejadian serupa tidak terulang lagi. Di masa yang akan datang saya yakin hubungan RI-Malaysia akan berada pada koridor saling menghargai, menghormati dan tentu saja hal yang paling utama: penghargaan terhadap hak azasi manusia rakyat kedua negara dan upaya bersama untuk menegakkannya,” kata dia.

Ia menambahkan, berdasarkan jaringan dirinya di Kuala Lumpur, selebaran tersebut ditempel disejumlah tempat dan ruang publik di Kuala Lumpur.

Adapun bunyi petikan iklan tersebut “Indonesian Maids now on SALE. Fast and Easy Application!! Now your housework and cooking come easy. You can rest and relax, Deposit only RM 3,500! Price RM 7,500 nett!”. (tp)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s