GAJI DIBAWAH STANDART / UNDERPAYMENT

Kesepakatan dan ketetapan gaji para BMI pada umumnya akan diketahui dan ditanda tangani pada saat para BMI masih berada di PJTKI (Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia) . Atau yang lazim disebut dengan tanda tangan kontrak kerja. Standar gaji/upah BMI dengan negara tujuan Hong Kong saat ini adalah HK$ 3740.

Tapi pada kenyataanya setelah BMI tiba di Hong Kong atau negara tujuan, masih banyak dari mereka yang di gaji tidak sesuai dengan nilai nominal yang tertera di kontrak kerja / dibawah standar. Hal ini bisa jadi karena rekayasa dari PJTKI dan Agency. Biasanya pada bulan pertama – bulan ke tujuh BMI bekerja akan menerima gaji penuh sesuai yang tertera didalam kontrak. Selama tujuh bulan itu gaji para BMI adalah upeti buat agen, sedangkan mereka cuma dapat sisa sekitar HK$740.

Dibulan ke-delapan setelah habis masa potongan untuk agen,banyak para BMI yang digaji dibawah standar / underpayment. Jika kebetulan anda atau rekan – rekan anda mengalami hal tersebut, anda bisa menuntut pihak majikan atau agen untuk memperoleh apa yang menjadi hak anda. Karena secara hukum, apabila ada majikan yang membayar gaji / upah para pekerjanya dbawah standar berarti mereka menyalahi peraturan perundang – undangan Hong Kong.

Adapun hal – hal yang perlu para BMI ketahui jika oleh majikan dibayar dibawah standar dan ingin menuntut haknya:
1. Carilah barang bukti bisa dari slip tanda tangan gaji
2. Rekam suara majikan, tanyakan kenapa gaji anda tidak sesuai dengan yang tertera dalam kontrak.
3. Kalau dianggap perlu, anda juga bisa merekam suara agen anda dan tanyakan tentang hal tersebut. Atau untuk lebih jelasnya anda bisa menghubungi devisi LPAM Dompet Dhuafa. LPAM itu sendiri adalah suatu unit dari Dompet Dhuafa hong Kong yang melayani Advokasi dan hukum bagi BMI Hong Kong. Person contact yang bisa anda hubungi 5347 5318(Miss Puji)/9618 9593(Miss Ditha)/9715 2122(Miss Dyah Echa).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s