OVER STAY

Dari pengalaman dan pengamatan saya selama bergabung di Volunteer DDHK selama ini, sedikit banyak saya bisa mengetahui permasalahan atau kasus yang banyak menimpa para teman – teman seperjuangan saya diantaranya adalah OVER STAY.

Hal ini bisa terjadi karena :

1. ketidaktahuan kita akan sampai kapan batas visa kerja kita.

2. Pasport dipegang oleh Majikan dan mereka tidak pernah melihat
kapan saatnya visa kita harus diperbarui. Hal ini juga pernah saya alami,karena dokumen yang menyimpan majikan secara otomatis saya sendiri tidak tahu batas visa saya. Dan pada suatu hari saya ikut sebuah TOUR ke China, ternyata waktu di Imigrasi Hong Kong saya tidak di izinkan keluar.Saya langsung digelandang kekantor polisi karena saya dinyatakan over stay selama 1 tahun 3 bulan. Disinilah pengalamam pertama saya harus
menginap semalam di tahan Hong Kong.

3. Dokumen atau pasport di tahan agency dan mereka tidak pernah memperingat
kan atau memberitahu kita kapan harus perpanjang Visa.

Adapun tindakan yang bisa dilakukan jika anda teman – teman BMI yang ada di Hong Kong atau di Macau mengalami Over Stay:
* Menghubungi atau melapor ke KJRI
* Meminta bantuan majikan atau agency untuk memberikan surat pernyataan atau penjelasan bahwa anda masih terikat kontrak dan kerja pada majikan yang tertera dalam kontrak kerja
* Melapor atau menyerahkan diri ke Imigrasi. Himbauan juga buat seluruh teman – teman BMI, Hong Hong memberi kita banyak kemudahan serta kebebasan. Akan tetapi Hong Kong juga punya Hukum dan peraturan yang ketat yang tidak pernah pandang bulu. Jika ada pekerja dari negara manapun berasal dan dinyatakan over stay maka akan dimasukan penjara dengan dakwaan sebagai imigran gelap.(seperti yang kita tahu polisi di hong Kong selalu jalan kaki dan berlalu lalang dimana – mana. Dan biasanya tanpa kita duga mereka akan menghentikan dan menginterview siapa yang mereka temui dijalan). Jika BMI over stay tertangkap aparat imigrasi bisa juga terkena wajib lapor tiap minggu dan seluruh dokumen akan diambil mereka. Atau bahkan jika ada BMI yang benar – benar dinyatakan sengaja Over stay dan bekerja ilegal maka akan di black-list dan tidak bisa bekerja ke Hong Kong lagi setelah 5 tahun.

JIka diantar teman – teman BMI membutuhkan layanan bantuan hukum bisa menghubungi langsung Kantor Dompet Dhuafa devisi LPAM (53475318- Miss Puji/ 96189593- Miss Ditha/ 97152122- Miss Dyah Echa.

LOMBA BLOG DOMPET DHUAFA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s