UNTUK PAHLAWAN NEGERIKU

November 2012, bertempat ruang Ramayana KJRI Hong Kong.Dompet Dhuafa Hong Kong bekerjasama dengan KJRI HK,Kementerian Komunikasi dan Informasi RI dan BP2TKI. Dalam rangka memperingati hari pahlawan, mengadakan seminar terbuka bagi seluruh warga negara indonesia yang ada di HK.Topik yang diangkat kali ini adalah”Untuk Pahlawan Negeriku, Integrasi Langkah Menuju Perubahan dan Kemandirian”. Dengan narasumber Parni Hadi (Pembina Dompet Dhuafa), Hari Budiarto (Konsuler 1 KJRI HK), Mohammad Iqbal (Psikolog), Jamil Azaini (Motivator ), Selamatta Sembiring (Kemkominfo), Lisna Yoeliani Poeloengan (BNP2TKI). Acara dipandu oleh artis Aldi Taher.

Dalam dialog terbuka yang dipimpin langsung oleh Parni Hadi dan disiarkan langsung oleh RRI melalui live streaming di http://www.voi.co.id, Lisna Yoeliani (BNP2TKI) menyampaikan, mulai tanggal 26 Desember 2012 semua TKI yang kembali ke tanah air itu bebas, artinya tidak harus melalui terminal Sela Panjang atau Terminal 4, akan tetapi bagi BMI yang hendak kembali ke tanah air wajib melaporkan diri ke KJRI dan setelah sampai di Bandara Sukarno-Hatta BMI wajib lapor ke BNP2TKI.

Pada sesion dialog suasana mulai menghangat. Disini BMI diberi kesempatan untuk menyampaikan argumennya. Salah satu peserta dialog adalah yani dan Sumiati alias Bunda Mia dari Komunitas Migran Indonesia (KOMI) menyampaikan, sebenarnya KTKLN itu tidak penting karena KTKLN tidak bisa membantu BMI ketika sedang terkena masalah.
“Kebanyakan yang terjadi justru malah karena KTKLN banyak BMI yang tertipu calo dan ditahan penerbangannya karena tidak memiliki KTKLN,” ujarnya yang disambut sorak-sorai peserta lainnya.
Sumiati juga menyampaikan, mengapa BMI harus lapor ke KJRI dan BNP2TKI, padahal data-data kepulangan BMI pasti sudah tercatat atau di ketahui melalui paspor yang dipegang oleh TKI ketika kembali dan jika harus lapor lagi ke BNP2TKI itu sangatlah merepotkan.

Setelah sesion dialog acara dilanjutkan dengan penjelasan cara mengadapi stres yang di sampaikan oleh bapak Iqbal (psikolog), Motivasi sukses oleh bapak Jamil Azaini ( Trainer & Motivator). Sebagai pelengkap dan penutup rangkaian acara para peserta di hibur oleh Bana Nasyid.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s