PELUANG USAHA AYAM GORENG KREMES

Peluang Usaha Ayam Goreng Kremes

Peluang usaha ayam goreng kremes memang bukan hal yang baru. Namun saat ini mulai bermunculan usaha ayam goreng kremes di pinggiran jalan atau kaki lima, bahkan sudah ada yang memulai usaha waralaba ayam goreng kremes. Hal ini memudahkan bagi anda yang tidak terlalu berani mengambil resiko karena suplai dan pelatihan usaha pe- waralaba yang mengurus sehingga tidak perlu ada trial and erorr. Namun bagi anda yang berani mengambil resiko usaha sendiri adalah pilihannya.

Masakan ayam goreng kremes tentu bukan suatu makanan yang asing bagi anda. Rasanya yang gurih dan kriuk kremesnya yang krunci, tentu akan membuat lidah anda bergoyang. Apalagi bila anda menikmati ayam kremes bersama dengan keluarga, teman, atau dengan pasangan anda. Pasti akan menjadi sebuah kenikmatan tersendiri.

Enak atau tidaknya masakan ayam kremes yang anda buat tidak terlepas dari komposisi bahan-bahan serta bumbu yang digunakan. Bahkan sebagian orang masih mengira membuat ayam kremes itu sulit. Kesulitan tersebut lebih pada saat membuat kremesan. Karena ternyata memang membutuhkan teknik tersendiri untuk memasaknya. Yaitu dengan membuat ”bubur kanji atau bubur tepung tapioka” terlebih dahulu.

Bahan Baku Ayam goreng Kremes

Bahan baku utama yang di butuhkan adalah ayam. Ayam yang di pakai bisa dalam 2 ukuran, Yaitu ayam Whole bersih ( tanpa leher) ukuran besar 1.2kg/ekor atau yang hanya 0.6-0.8kg/ekor. untuk ayam ukuran 1.2kg/ekor bisa di bagi menjadi 9 bagian sedangkan yang ukuran 0.6-0.8kg/ekor hanya bisa di bagi 4.

Modal Awal Usaha Ayam Goreng Kremes.

Modal utama adalah peralatan masak, gerobak atau display tempat memajang dan tempat usaha bisa di depan rumah atau di pinggir jalan yang ramai. Selain modal di atas adalah modal untuk pembelian bahan baku seperti ayam. Bila anda yang mengambil waralaba yang perlu anda pikirkan adalah tempat usaha yang strategis, selebihnya perusahaan yang mengatur.

Cara Membuat Ayam Goreng Kremes

Bahan utama:

*Ayam 1 ekor ukuran 1.2kg.
Potong menjadi 9 bagian , 2 bagian paha bawah, 2 bagian paha atas, 2 bagian sayap (harus memiliki daging dari bagian dada), 2 bagian dada samping dan 1 bagian dada mentok
*Air 300 ml
*Minyak goreng secukupnya

Bahan Kremes:
Kaldu ayam 300 ml
Tepung Sagu/Tapioka 50 gram
Telur 1 butir
Air secukupnya

Bumbu :
Bawang Putih 5 siung
Jahe 1 ruas jari
Kunyit 1 ruas jari
Penyedap rasa (MSG) 1 sendok teh(jika suka)
Kaldu Ayam 1 bungkus kecil
Ketumbar 1 sendok the
Kemiri 4 buah

Cara memasak Ayam Kremes:
Cuci daging ayam yang masih utuh dan dipotong hingga tidak ada sisa darah yang menempel di daging, usahakan jantung dan paru paru ayam di buang agar ayam tidak cepat bau, masukkan air dan bumbu yang sudah di haluskan ke dalam panci, rebus ayam kurang lebih 2,5 jam agar ayam lebih empuk dan bumbu lebih meresap ke dalam daging ayam (tidak hanya asin luarnya saja).

Setelah Ayam selesai di rebus tiriskan sebentar untuk mengeringkan badan ayam.
Saring kuah atau kaldu ayam, buang ampasnya. Dinginkan kaldunya.
Setelah kuah kaldu ayam dingin, siapkan adonan kremes.

Caranya:
Campur tepung tapioka dan telur hingga merata
Tambahkan sedikit air agar tidak terlalu pekat
Siapkan wajan
Masukkan adonan tepung tapioka kedalam wajan dengan perlahan-lahan ditambah kaldu ayam
Aduk hingga adonan menjadi seperti bubur (jangan terlalu pekat/encer)

Panaskan minyak secukupnya. Masukkan ayam ke dalam wajan, goreng hingga sedikit menguning. Kemudian masukkan bubur tepung tapioca (kanji) dengan sendok di atas ayam yang sedang digoreng (ayam jangan terlalu kering, agar bubur tapioka lebih lekat dengan ayam). Balik secara bergantian. Jika sudah kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Saring minyak bekas menggoreng ayam, lalu di panaskan lagi. Goreng sisa bubur tepung (untuk membuat kremesan) dengan cara sendokkan sedikit demi sedikit di atas api kecil. Setelah kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Ayam goreng Kremes siap dijual, gunakan kemasan yang menarik dan berikan nama bagi ayam goreng kremes anda. Selamat memulai usaha kecil ayam goreng kremes.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s