PELUANG USAHA BURGER

Burger adalah makanan yang berasal dari benua eropa yang di sajikan untuk sarapan atau makan siang, burger terdiri dari roti tebal bulat yang di belah dua, lalu di masukan aneka saus biasanya saus mayonaise, selada, keju dan daging. Beberapa tahun belakangan ini burger juga populer di Indonesia, tak heran bila dari hari ke hari outlet burger mulai bermunculan di tanah air. Penggemar makanan ini terus bertambah terutama di kalangan orang muda. Oleh karena itu Peluang usaha Burger bisa menjadi pilihan usaha yang menggiurkan.

Deskripsi Usaha Burger

Bahan Baku Usaha Burger
Bahan baku utama adalah daging giling yang di cetak bulat pipih dan roti. Daging yang di gunakan hendaklah berkwalitas baik, tanpa lemak dan masih segar atau beku ( bila sudah di cetak ). Saat ini banyak wirausaha burger yang mengganti dagingnya dengan aneka kreasi seperti daging ikan, daging ayam atau bahkan tahu untuk burger vegetarian. Anda bisa mencetak sendiri daging burger atau membeli di pasaran bila ingin praktis, namun harus di ingat bila membeli di pasaran pilihlah yang pure 100% daging jangan campuran. Karena saat ini banyak daging burger yang sudah di campur dan malah menyerupai sosis tipis, kandungan nya pun tidak terjamin begitu juga rasanya.
Roti yang di gunakan untuk burger berbentuk bulat yang di bagi dua, anda dapat membuatnya sendiri atau membeli langsung dari produsen roti. Pilihlah roti yang tebal tapi tetap empuk dan lembut, biasanya pengusaha burger tidak membuat sendiri roti burger. Walau begitu bukan berarti anda tidak boleh membuatnya sendiri terutama bila ingin memiliki ciri khas bentuk dan rasa roti. Anda dapat membuat roti burger sendiri dengan mengkreasikan bentuk menjadi lebih menarik.

Tempat usaha Burger
Tempat usaha burger yang tepat biasanya ada di depan minimarket, sekolah atau kampus. Anda juga bisa menjual burger di pusat perbelanjaan atau mal dan tempat di mana anak muda sering berkumpul, karena anakmuda inilah target pasar utama usaha kecil burger.

Perlengkapan Usaha Burger
Perlengkapan usaha yang harus selalu ada di setiap usaha adalah Gerobak atau Etalase, buatlah gerobak atau etalase yang menarik, unik dan menunjukan jenis usaha anda. Peralatan memasak seperti kompor dan tabung gas, wajan anti lengket dan spatula, marina cooler atau boks pendingin kecil untuk menyimpan daging burger, aneka wadah dan peralatan lain.
Perlengkapan
Harga – Rp
Gerobak atau Etalase
2.000.000 – 2.500.000
Kompor dan tabung gas
150.000 – 300.000
Wajan anti lengket dan spatulanya
150.000 – 200.000
Boks pendingin kecil
100.000 – 400.000
Aneka wadah dan peralatan lainnya
200.000 – 400.000

Karyawan
Anda bisa mempercayakan usaha burger ini pada seorang bila anda sibuk untuk terjun langsung karena usaha ini cukup sederhana, tapi bila anda akan terjun langsung anda tidak memerlukan karyawan untuk membantu anda.

Promosi Usaha Burger
Pasanglah spanduk yang mudah dilihat di sekitar tepat usaha anda, anda dapat juga menyebarkan brosur di sekitar kawasan. Resep Burger rahasia anda yang lezat juga merupakan promosi dari mulut ke mulut yang akan meningkatkan usaha anda.

Harga Jual Burger
Harga harus di sesuaikan dengan lokasi usaha, untuk usaha di sekitar kawasan sekolah anda dapat menjualnya antara Rp 5.000 – Rp 7.000. Di depan minimarket antara Rp 7.000 – Rp 12.000 sedangkan untuk di pusat perbelanjaan atau perkantoran bisa anda jual antara Rp 9.900 – Rp 15.000

Resiko Usaha Burger
Resiko usaha burger adalah kenaikan bahan baku terutama daging, belilah daging langsung dari pemasok. Anda juga sebaiknya meiliki lebih dari satu pemasok, begitu juga untuk roti. Terkadang muncul juga isu mengenai daging sapi gila, antrak atau bahkan daging tikus. untuk mengatasinya sebaiknya anda mendaptarkan usaha burger anda untuk mendapatkan izin usaha kecil P-IRT dan LP BPOM, anda juga dapat mengurus sertifikasi halal MUI untuk usaha burger anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s