USAHA BATAGOR

Batagor merupakan masakan khas yang berasal dari Bandung – Jawa Barat, saat ini batagor sudah menjadi kuliner khas nusantara dan menjadi peluang usaha batagor yang menjanjikan. Batagor adalah baso tahu goreng yang di singkat menjadi batagor, terbuat dari tahu putih, ikan tenggiri dan udang yang di goreng dengan baluran tepung tapioka. Batagor sangat enak bila di sajikan dalam keadaan panas dalam siraman bumbu kacang dan kecap manis kental ditambah dengan saus sambal. Perasan jeruk nipis dapat di tambahkan untuk menambah cita rasa.

Deskripsi Usaha Batagor

Bahan Baku
Bahan baku utama batagor adalah tahu, tepung kanji, tepung terigu, tepung tapioka dan ikan tenggiri. Untuk bahan utama bumbu adalah kacang tanah. Tidak ada takaran pasti dalam membuat batagor, tiap pedagang batagor memiliki takaran tersendiri dalam membuat batagor. Mungkin di karenakan Resep Batagor yang berbeda inilah maka batagor yang di buat memiliki cita rasa yang berbeda antar pedagang batagor, oleh karena itu sebaiknya sebelum anda memulai usaha batagor anda dapat mencoba terlebih dahulu resep resep batagor dan pilihlah resep batagor terbaik menurut anda yang dapat di terima dan sesuai dengan target pelanggan anda.

Tempat Usaha
Tempat usaha yang strategis bagi usaha batagor adalah di sekitar pemukiman padat penduduk, area perkantoran atau kampus dan sekolah. Tempat di pinggiran jalan yang ramaipun dapat anda jadikan tempat usaha yang bagus. Orang biasanya menjadikan batagor sebagai camilan penunda lapar sebelum makan dengan makanan pokok, makanya anda harus pastikan tempat usaha anda mudah terjangkau.

Perlengkapan Usaha
Usaha kecil batagor biasanya merupakan usaha kaki lima, oleh karena itu anda di haruskan memiliki gerobak atau etalase sebagai saran berjualan anda. Perlengkapan lain seperti peralatan masak, peralatan makan dan meja kursi harus anda miliki. Berikut perkiraan perlengkapan usaha yang harus anda keluarkan sebagai modal awal.
Perlengkapan
Harga RP
Gerobak atau Etalase
1.500.000 – 2.000.000
Kompor dan tabung gas
400.000 – 600.000
Peralatan Memasak
600.000 – 1.000.000
Peralatan Makan
300.000 – 500.000
Meja serta Kursi 400.000 – 600.000

Karyawan
Usaha batagor bisa anda lakukan sendiri, walau begitu bila usaha anda sudah ramai anda dapat memperkerjakan seorang karyawan untuk membantu usaha anda

Promosi
Memasang Banner adalah di sekitar tempat usaha anda adalah cara ber promosi yang baik, promosi dari mulut kemulut akan terjadi dengan sendirinya jika batagor anda memiliki kualitas yang bagus dan cita rasa yang khas.

Harga Jual Batagor
Harga batagor biasanya berkisar antara Rp 5.000 – Rp 6.000 per porsi bagi yang di jual dengan gerobak keliling. Sedangkan bagi yang di jual di kios batagor dapat berkisar Rp 7.000 – Rp 10.000. Anda juga dapat menjual batagor dengan cara satuan per buahnya sesuai yang di ambil pelanggan.

Resiko Usaha
Resiko usaha yang paling besar adalah karena banyaknya persaingan, banyak orang tertarik dengan usaha ini karena proses produksi yang mudah dan termasuk usaha modal kecil membuat banyak orang tertarik menekuni usaha ini.

Tips Menjalankan Usaha
Salah satu kendala yang sering di hadapi para wirausaha kuliner adalah kenaikan bahan baku, jalinlah hubungan yang baik dengan beberapa pemasok bahan baku untuk mensiasati masalah ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s