USAHA BUBUR AYAM

Setiap orang di Nusantara ini pasti mengenal dengan bubur ayam, bubur ayam adalah jenis masakan dari beras yang di masak sampai lunak. Di Nusantara ini terdapat berbagai jenis bubur ayam ber ciri khas dan resep bubur ayam daerah daerah di Nusantara, ada bubur manado, bubur lamak asal Sumatera Barat, maupun bubur mengguh dari Bali. Bubur ayam biasanya di sajikan dalam sebuah mangkuk di lengkapi dengan kuah kaldu,cakwe potong, suwiran daging ayam, emping atau krupuk, isisan daun seledri, daun bawang dan bawang goreng, dilengkapi dengan sambal

Peluang usaha bubur ayam masihlah besar, kendati keuntungan yang di dapat sangatlah besar dan bisa mencapai lebih dari 50 persen harga jual. Tapi proses membuat bubur tidaklah mudah, butuh kesabaran dan keuletan yang ekstra. Sebagai contoh, untuk membuat 7 liter beras agar menjadi bubur di butuhkan waktu sekitar 7 jam. Selama dalam proses pemasakan, bubur harus terus di aduk agar tidak menempel di panci atau dandang. Pengadukan ini harus di lakukan setidaknya setengah jam sekali setelah beras mulai lunak. Sedangkan daging ayam yang akan di gunakan untuk taburan harus di rebus dahulu sebelum di goreng dan di suwir suwir, kuah rebusan ayam ini bisa digunakan untuk memasak atau sebagai kuah bubur.

Deskripsi Usaha Bubur Ayam

Bahan Baku Bubur Ayam
Bubur ayam sangat tergantung pada jenis beras yang di gunakan, enak tidaknya bubur ayam di tentukan oleh kualitas beras yang di gunakan. Gunakanlah beras yang pulen seperti beras cianjur. Penggunaan daging ayam juga haruslah yang masih segar, daging ayam yang di rebus akan menghasilkan kuah kaldu yang gurih dan bisa di jadikan kuah bubur yang lezat.

Tempat Usaha Bubur Ayam
Bubur ayam banyak di jual dengan menggunakan gerobak dorong dan berjualan dengan cara berkeliling, carilah tempat mangkal yang ramai dan strategies karena dengan mangkal di suatu tempat anda dapat menghemat tenaga. Bubur biasanya di jual pada pagi hari dan sore hari.

Perlengkapan Usaha
Anda membutuhkan beberapa perlengkapan untuk memulai usaha bubur ayam, diantaranya, gerobak atau etalase, peralatan masak dan dandang besar, peralatan makan, meja dan kursi dan juga tenda sebagai tempat berteduh pelanggan yang makan di tempat. walau begitu bagi anda yang memiliki modal terbatas dan menjadikannya sebagai usaha rumahan bubur ayam, anda hanya perlu alat memasak, meja sebagai pengganti etalase di depan rumah dan sedikit alat makan maka usaha modal kecil bubur ayam sudah bisa anda jalankan.
Perlengkapan
Harga Rp
Tenda Terpal
200.000 – 400.000
Gerobak atau etalase 1.500.000 – 2.000.000
Peralatan Masak dan Dandang Besar
400.000 – 600.000
Peralatan makan
200.000 – 300.000
Meja dan Kursi
300.000 – 400.000
Peralatan Lain
100.000 – 200.000

Karyawan
Pada umumnya usaha kecil bubur tidak memerlukan karyawan, namun bila keadaan usaha kecil anda semakin ramai maka ada baiknya anda mengangkat seorang karyawan untuk membantu anda. Gaji karyawan berkisar Rp 600.000 – Rp 800.000 atau sekitar Rp 50.000 bila di bayar harian.

Promosi
Anda bisa memasang spanduk di tempat usaha anda, promosi terbesar adalah rasa dan kualitas bubur anda itu sendiri. Bila bubur ayam buatan anda lezat maka promosi dari mulut ke mulut akan terjadi tanpa perlu anda atur.

Harga Bubur Ayam
Harga bubur ayam di perumahan atau dekat sekolah dasar berkisar Rp 4.000 – Rp 5.000 sedangkan bila anda berjualan di pingiran jalan ramai, dekat perkantoran, kampus atau depan minimarket bisa mencapai Rp 5.000 – Rp 8.000.

Risiko Usaha
Tempat usaha yang tidak strategis bisa menjadi risiko usaha yang biasa di hadapi pedagang manapun, apalagi waktu berjualan bubur ayam umumnya di batasi saat pagi dan saat sore hingga malam hari. Waktu inilah saat saat ramai jualan bubur ayam. Stamina yang harus anda milikipun haruslah bagus karena anda akan mengolah bubur pada malam hari untuk berjualan di pagi hari, Peluang usaha bubur ayam ini memerlukan keseriusan dan disiplin yang tinggi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s