USAHA TAMAN BACA

Bisnis taman bacaan merupakan bisnis yang mencerdaskan. Membaca merupakan jendela dunia. Dengan membaca kita dapat mengetahui bermacam informasi di dunia.

Semakin besarnya minat masyarakat untuk membaca buku, maka semakin banyak juga penerbit – penerbit yang menerbitkan buku-buku barunya, baik fiksi, nonfiksi, komik, dan lain-lainnya. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak dapat atau tidak sanggup membeli buku bacaan disebabkan tingginya harga buku. Selain itu, terlalu banyaknya buku, novel, dan komik yang terbit serta beredar menjadi alasan mereka keberatan dan membeli buku yang hanya akan sekali dibaca itu.

Disebabkan fenomena inilah muncul peluang usaha penyewaan buku atau taman bacaan ( rental buku ). Fenomena ini tak hanya memberikan fasilitas bagi mereka yang suka membaca tanpa keluar banyak uang, tetapi juga memberi peluang usaha untuk yang memiliki buku “menganggur” untuk disewakan.

Memulai usaha taman bacaan

Guna memulai bisnis ini, kita harus menentukan dulu siapa yang menjadikan target pasar. Yang paling menjanjikan adalah kalangan mahasiswa dan para penggemar fiksi, komik, manga dan majalah. Pemilihan target pasar menjadi pertimbangan penting dalam menyediakan buku-buku yang akan disediakan untuk disewa nanti dan menentukan lokasi usaha. Bila targetnya merupakan mahasiswa, lokasi yang strategis adalah didekat kampus atau kawasan kos yang tentu akan lebih menguntungkan.

Tempat usaha yang diperlukan bagi usaha taman bacaan sebetulnya tidak perlu terlalu besar. Dengan ruangan seluas 3 x 3 meter saja itu sudah cukup. Tapi, lebih besar ruangan memang akan lebih baik, mengingat jumlah koleksi yang akan dipajang dari tahun ke tahun pasti akan bertambah banyak.

Bila lokasi sudah didapat, kita dapat segera menghubungi penerbit guna mencari stok awal barang. Dengan membeli langsung ke penerbit, kita dapat memperoleh buku dengan harga yang lebih murah. Tapi, bila dari penerbit sulit didapat di tambah banyaknya penerbit. Kita dapat mencari alternatif dengan membelinya dari agen – agen buku yang pasti ada di setiap kota. Kita juga dapat mengambil Paket usaha taman bacaan yang juga banyak di tawarkan, biasanya paket taman bacaan di mulai sekitar 2 juta rupiah untuk 350 buku. Saran saya bila mengambil paket ini anda harus bisa memilih judul buku sesuai dengan yang anda butuhkan atau target pasar, jangan terpaku dengan saran atau judul buku dari pihak penyedia paket buku taman bacaan.

Koleksi buku yang berkualitas
Semakin banyak koleksi buku, akan semakin memperkaya koleksi taman bacaan Kita. Apalagi, usaha taman bacaan bukannya tanpa pesaing. Setiap tahun, penyewaan komik dan novel selalu bertambah. Itu sebabnya, Kita perlu memikirkan strategi bisnis untuk membuat usaha ini terus berjalan dan memiliki banyak pelanggan.

Kunci sukses dalam usaha penyewaan buku atau perpustakaan adalah kelengkapan koleksi komik, novel, dan buku-buku lainnya. Pasalnya, para penyewa pasti akan mencari tempat penyewaan yang terlengkap. Dengan semakin lengkap koleksi kita, semakin besar pula kemungkinan meraih pelanggan. Guna melengkapi koleksi buku bacaan anda, Kita juga bisa memasukkan koleksi buku-buku Kita yang tersimpan di rumah atau membelinya di toko-toko buku.

Kita juga bisa memberikan kesempatan untuk menjadi member atau anggota di taman bacaan. Beri iming-iming, bila menjadi anggota, para pelanggan akan memperoleh keistimewaan tersendiri, berupa fasilitas diskon atau pemberitahuan adanya koleksi terbaru via SMS atau e-mail.

Usahakan agar para pelanggan di taman bacaan betah dan tidak kecewa dengan kualitas pelayanan. Dalam hal ini, sikap ramah pegawai dan juga ketersediaan koleksi bacaan. Bila tempat usaha Kita cukup luas, Kita dapat menyediakan kursi atau sofa guna pengunjung yang ingin membaca di tempat. Dengan menjaga kualitas, kuantitas, pelanggan akan merasa senang, nyaman dan puas. Semoga Peluang usaha Taman Bacaan ini bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s