WARUNG MODAL KECIL

 

Perhitungan Sederhana Warung Modal Kecil

Sebelumnya sekali lagi saya sampaikan banyak terimakasih untuk para pelanggan dan pengunjung Sri Yatin.blog dimana saja.

Dari beberapa pertanyaan dan pembahasan dengan para pengunjung, kali ini saya akan mencoba mengulas secara sederhana (secara saya pribadi juga masih dalam taraf belajar) untuk membahas tentang usaha kedai atau warung kopi dengan budget minim.
Dalam hal ini secara eksak jumlahan modal awal yang saya sebutkan adalah sekitar 5 juta (margin 10 persen bisa ditambahkan untuk lebih-kurangnya budget).

Mungkin untuk apa yang disampaikan disini sangat sederhana, hanya saja beberapa pertanyaan disampaikan via sms, jadi agak ribet juga kalau harus sms-an.

beberapa hal saya sampaikan di awal untuk rincian budget adalah, dalam hal ini tempat usaha tidak masuk dalam perhitungan, dalam arti, diasumsikan tempat usaha sudah dimiliki.
Yang akan dibahas hanya mengenai 2 hal utama (mungkin bisa dilanjutkan pembahasannya sambil jalan, silahkan masukan atau saran dari para pengunjung blogstore Sri Yatin.blog)

1. konsep dasar,
konsep dasar warung atau kedai yang ingin saya sampaikan disini adalah warung atau kedai dengan sajian manual brewing, dengan penggunaan listrik seminim mungkin (cukup listrik untuk digunakan sebagai penerangan saja).
manual brewing yang bisa dipilih adalah , dengan pengggunaan vietnam drip, plunger (french press) atau dengan mesin espresso tanpa listrik (yaaa…Presso coffee maker).

untuk pilihan alat menggunakan vietnam drip atau plunger, bisa di perhitungkan sendiri , berapa kebutuhan awal nya (karena melihat pertambahan pelanggan kedai/warung anda).

harga vietnam drip dan plunger diasumsikan sama (kisarannya saja), yaitu Rp. 70ribu per pcs.
untuk jumlah awal, kita ambil senilai harga 1 esPRESSO, maka dapat diperoleh vietnam drip dan plunger sejumlah 30 pcs untuk awal buka warung/kedai. (Rp.2,3 juta di bagi Rp.70ribu, sekitar 32,(koma)sekian)

untuk pemilihan alat brewing ini, sangat disarankan anda mempelajari cara penyajian dan karakteristik rasa kopi yang dihasilkan, dengan vietnam drip, plunger atau esPRESSO🙂

2. kebutuhan furniture,
karena low budget , cukup lesehan !🙂
Atap,
tenda sebagai atap, lebih oke untuk ekonomis nya bila tempat kedai yang sudah kita miliki berupa warung permanen atau rumah yang direnovasi menjadi warung atau kedai sederhana (maaf jadinya gak ekonomis ya ?!!😀 ).
atap tenda di desain se-sederhana mungkin dengan menggunakan kain terpal plastik, ukuran secukupnya (tidak perlu menutup semua area warung, terutama yang perlu di beri atap adalah ruang atau bagian penyajian.

perkiraan budget atap,
harga terpal (kualitas A5, ukuran 5 x 7 meter , (sekitar) Rp.250.000,00 (Rp. 250 ribu),
penyangga atap menggunakan kayu atau bambu, kisaranya perkiraan Rp. 500ribu
Alas,
menggunakan terpal,
meja kayu, hanya dipergunakan untuk tempat meracik minuman atau makanan (tempat Presso nya , jika

menggunakan Presso coffee maker)
harga terpal (kualitas A5, ukuran 5 x 7 meter , (sekitar) Rp.250.000,00 (Rp. 250 ribu)

selanjutnya untuk gelas,
jika menggunakan vietnam drip, makan jumlah gelas yang diperlukan sama dengan jumlah Vdrip-nya,
jika menggunakan plunger (asumsi harga diatas adalah plunger kisaran ukuran 350 ml) cukup untuk 2-3

gelas.
maka, jika diambil kebutuhan gelas dengan menggunakan plunger, maka 30 x 2 = 60 pcs gelas atau sama

dengan 5 lusin.
harga kisaran gelas kaca 1 lusin, Rp. 60 ribu x 5 lusin = Rp. 300.000,00

untuk alat brewing Rp. 2300.000,00
atap-alas Rp. 1000.000,00
gelas saji Rp. 300.000,00

dari 3 item diatas total sementara Rp. 3600.000,00

dari 3 item utama yang disampaikan diatas, sisanya dapat disesuaikan dengan kreativitas dan rencana resep yang diinginkan.
Kesederhanaan bahan-bahan kedai yang dipergunakan diharapkan tidak menghalangi untuk menyajikan eksterior atau interior kedai/warung yang menarik, mungkin antara lain dengan sentuhan pedesaan, etnik atau lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s